Bupati Shabela Canangkan Dimulainya BIAN Di Kabupaten Aceh Tengah

Aceh Tengah | Selasa, 7 Juni 2022 | kesehatan 

Takengon (acehtengahkab.go.id) - Menyahuti program nasional untuk kesehatan Balita, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, Senin (6/6/2022) mencanangkan dimulainya pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tingkat Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2022. Peluncuran perdana BIAN ini dilakukan oleh Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, didampingi Plt. Kepala Dinas Kesehatan, dr. Yunasri, dipusatkan di Kampung Kuteni Reje Kecamatan Lut Tawar, Aceh Tengah.

Dalam sambutannya, Bupati Shabela mengatakan pentingnya dukungan seluruh orang tua agar membawa anaknya ke titik-titik pelaksanaan imunisasi. Menurutnya, hal ini penting dilakukan agar anak-anak di Kabupaten Aceh Tengah terhindar dari berbagai penyakit.

Bupati menuturkan, imunisasi yang tidak diberikan kepada anak dan balita, berpotensi mengakibatkan anak tersebut terjangkit berbagai penyakit infeksi seperti Campak, Rubella, Difteri, Polio, Cacar dan sebagainya, yang  dampak paling parah bisa menyebabkan kematian pada anak.

“Oleh karena itu, imunisasi bagi anak sangat penting dilakukan, agar kesehatan anak dapat terjaga hingga menjadi dewasa nantinya” ungkap Shabela.

Shabela juga mengingatkan, dengan pencanangan BIAN 2022 ini, seluruh lapisan masyarakat diminta untuk berpartisipasi dan bahu membahu menyebarluaskan informasi pada setiap kesempatan, serta menggerakan orang tua dan masyarakat terutama yang memiliki anak kecil, untuk sesegera mungkin membawa sang anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan imunisasi rutin.

“Dengan pencanangan BIAN 2022 ini, kami mengajak semua masyarakat yang memiliki bayi atau balita, untuk segera ikut imunisasi, ini demi kebaikan kita bersama” lanjutnya.

Di akhir sambutannya, Shabela berharap semua pihak  berkomitmen untuk mendukung program nasional Bulan Imunisasi Anak Nasional, khususnya di kabupaten Aceh Tengah.

“Setelah kita canangkan BIAN hari ini, kami berharap akan adanya komitmen dan dukungan dari semua sektor untuk dapat mensukseskan pelaksanaan program Bulan Imunisasi Anak Nasional khususnya di Kabupaten Aceh Tengah, sehingga apa yang menjadi tujuan kita untuk melindungi anak dari penyakit dapat dicegah melalui imunisasi ini” pungkasnya.

Sebelumnya, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tengah, dr. Yunasri dalam laporannya menyebutkan program BIAN ini akan dilakukan selama satu bulan dengan sasaran adalah untuk pencapaian imunisasi lanjutan, juga imunisasi tambahan.

“Melalui pelaksanaan BIAN ini, anak-anak yang belum lengkap imunisasi dasar dan lanjutannya akan kita lengkapi terus melalui program ini, disamping sekaligus juga memberikan imunisasi tambahan campak Rubella bagi anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun.” jelas Yunasri.

Perlu diketahui, Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) adalah pemberian imunisasi yang dilaksanakan secara terintegrasi dengan pemberian imunisasi tambahan berupa pemberian satu dosis imunisasi campak Rubella secara masal pada usia 9 bulan sampai dengan kurang dari usia 15 tahun, tanpa memandang status imunisasi sebelumnya dan juga kegiatan imunisasi Kejar berupa pemberian satu atau lebih jenis imunisasi pelengkap seperti imunisasi polio dan DPT-HB-Hib untuk melengkapi status imunisasi anak usia 12 sampai dengan 59 bulan. (1 - 5 Tahun)

Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional di kabupaten penghasil kopi arabika Gayo ini mengusung tema “Mewujudkan Anak-Anak Aceh Tengah yang Sehat dan Produktif”. Secara serentak kegiatan BIAN ini juga dimulai di semua Kampung/Desa yang ada di kabupaten Aceh Tengah, dikoordinir oleh Puskesmas dan Bidan Desa setempat. (Fathan Muhammad Taufiq)