Genancing, Kampung Blang Kolak I Masuk 10 Besar Tingkat Nasional

Aceh Tengah | Kamis, 19 Agustus 2021 | Keterbukaan Informasi Publik 

Takengon (acehtengahkab.go.id) - Setelah menjalani rangkaian penilaian baik secara langsung maupun secara virtual, akhirnya Kampung Blang Kolak I Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah, memastikan diri masuk 10 Besar Apresiasi Keterbukaan Informasi Desa Tingkat Nasional Tahun 2021. Kampung Blang Kolak I yang tampil di tingkat nasional mewakili provinsi Aceh ini, masuk rating 10 besar bersama 9 desa lainnya dari berbagai provinsi di Indonesia. 

Berdasarkan rilis yang disampaikan oleh Komisi Informasi Pusat, 10 desa yang masuk dalam peringkat 10 besar nasional dalam ajang Aoresiasi Keterbukaan Informasi Desa ini adalah :

  1. Desa Kumbang, NTB.
  2. Desa Cibiru Wetan, Jawa Barat.
  3. Desa Teluk Kapuas, Kalimantan Barat.
  4. Desa Blang Kolak I, Aceh.
  5. Desa Kedung Sumber, Jawa Timur.
  6. Desa Punggul, Bali.
  7. Desa Karang Sari, DI Yogyakarta.
  8. Desa Kabuna, NTT.
  9. Desa Sendang, Jawa Tengah.
  10. Desa Pohea, Maluku Utara.

Dengan masuknya Desa/Kampung Blang Kolak I dalam 10 Besar, Kampung yang saat ini dipimpin oleh Reje Asrikandi, S Pd ini berpeluang untuk masuk ke 3 Besar tingkat nasional.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Aceh Tengah, Khairuddin "Yoes", usai menerima informasi ini, menyatakan rasa syukur dan apresiasi keoada semua pihak yang telah bersinergi untuk membawa kampung ini ke kancah nasional.

"Alhamdulillah, kita wajib bersyukur atas capaian luar biasa ini, kami juga sangat berterimakasih atas kerjasama dan sinergi semua pihak terkait sehingga bisa mengangkat marwah daerah ke ranah nasional, kita merasa bangga atas prestasi ini" ungkap Yoes, Selasa (17/8/2021).

Sementara Reje/Kepala Kampung Blang Kolak I, Asrikandi menyatakan, kabar gembira ini merupakan kado terindah di hari kemerdekaan ini bagi seluruh warganya. Dia tidak menyangka kalau desa yang dipimpinnya bisa masuk ranking 10 besar nasional.

"Alhamdulilah, ini berkah luar biasa di hari kemerdekaan ke 76 ini bagi semua masyarakat Blang Kolak I dan seluruh masyarajat Aceh Tengah, semua ini bisa kami raih berkat kebersamaan semua pihak, tentunya kami juga berterima kasih kepada instansi terkait baik di kabupaten maupun provinsi yang selama ini selalu membimbing kami" ungkap Asri terharu. (Fathan Muhammad Taufiq)