Musabaqah Hifdzil Qur'an Tingkat Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2022 Kembali Digelar

Aceh Tengah | Kamis, 27 Oktober 2022 | AGAMA 

Takengon (acehtengahkab.go.id) - Dalam rangka meningkatkan minat baca dan memasyarakatkan hafalan (tahfidz) Alqur'an bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melaui Dinas Syariat Islam, kembali menggelar Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) Tingkat Kabupaten Aceh Tengah tahun 2022.

Musabaqah yang digelar di Gedung Pendari Takengon ini, Selasa (25/10/2022), resmi dibuka oleh Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar.

Dalam sambutannya, Bupati Shabela mengatakan, Musabaqah Hifdzil Qur'an merupakan ajang kompetisi dan pembelajaran, sekaligus menjaga Al-Quran serta mengajak umat Islam agar senantiasa membaca, menghafal  dan merenungkan kandungan dari kalam Illahi.

Shabela menambahkan, selain meningkatkan kualitas iman dan taqwa kepada Allah SWT, MHQ yang mengusung tema “Dengan Musabaqah Hifdzil Qur'an (MHQ) mari kita Tadabbur kan Al-Qur'an di kalangan Keluarga dan Masyarakat” ini menjadi wahana untuk mencintai, mendalami menghayati dan mengamalkan Al-Quran dalam rangka mewujudkan keluarga dan masyarakat Aceh Tengah yang beriman dan bertaqwa.

Lebih lanjut Shabelamenyampaikan, sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah 2017-2022, yang memberikan perhatian khusus terhadap kegiatan pendalaman pemahaman isi kandungan Alqur'an baik, salah satunya melalui metode Hifdzil Qur'an sebagai bagian dari penerapan Syariat Islam di  Kabupaten Aceh Tengah.

"Pelaksanaan Musabaqah Hifdzil Qur'an tingkat Kabupaten Aceh Tengah ini nyata-nyata merupakan upaya motivasi bagi masyarakat untuk selalu dekat dengan alquran, begitu juga bagi generasi penerus khususnya para santri dan pelajar yang menjadi peserta nya, semoga MHQ ini dapat menjadi wadah untuk uji kemampuan, setelah selama ini berlatih, mempelajari, membaca maupun menghafal kitab suci Alqur'an sesuai dengan cabang yang akan diperlombakan dalam kesempatan ini", lanjutnya.

Selain itu, menurut Shabela, pPelaksanaan MHQ ini juga menjadi bahan evaluasi bagi daerah untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan, sekaligus sebagai wadah seleksi keikutsertaan pada MHQ tingkat Provinsi Aceh yang akan datang.

Sebelumnya, Kadis Syariat Islam Aceh Tengah, Drs, Mustafa Kamal, M.A., selaku ketua panitia penyelengara, dalam laporannya menyampaikan, Musabaqah Hifdzil Qur'an tingkat Kabupaten Aceh Tengah ini akan berlangsung selama tiga hari, dimulai dari tanggal 25  hingga 27 Oktober 2022 mendatang.

"Kegiatan ini merupakan uji kemampuan dan persiapan Kabupaten Aceh Tengah, menuju ajang MHQ tingkat Provinsi Aceh yang akan berlangsung di Simeulue pada Juni 2023 mendatang" ungkap Mustafa.

Mustafa merincikan, pada pelaksanaan MHQ ini, di perlombakan Hifdzil Qur'an untuk dua kategori, dewasa dengan hapalan 10 juz diikuti oleh dua orang peserta putri, dan di tingkat pemula atau remaja, untuk hapalan 5 juz diikuti 23 orang peserta putra, dan 32 orang peserta putri.

Usai memberikan sambutan, Bupati Aceh Tengah berkesempatan menyematkan tanda peserta pada perwakilan putra putri peserta MHQ sebagai simbol di mulai dengan resmi ajang Musabaqah Hifdzil Qur'an Tingkat Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2022.

Acara pembukaan MHQ Tingkat Kabupaten Aceh Tengah tahun 2022 ini dihadiri oleh unsur Forkopimda, para pejabat pimpinan SKPK, tokoh agama dan tokoh masyarakat Kabupaten Aceh Tengah. (Fathan Muhammad Taufiq)