Upaya Pengembangan Kualitas SDM Digital berkopetensi, 75 Peserta di Aceh Tengah Mengikuti Pelatihan

Aceh Tengah | Selasa, 6 Juni 2023 | PELATIHAN 

Takengon (acehtengahkab.go.id) - Pelatihan Vocational School Graduate Academy (VSGA) dengan skema pelatihan Operator Komputer Madya, Video Editor, dan Junior Graphic Designer dilaksanakan melalui Kerjasama Kemitraan DTS antara BBPSDMP Kominfo Medan dan Pemerintah Kab. Aceh Tengah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Aceh Tengah yang dilaksanakan selama 5 (lima) hari dari tangal 05-09 Juni 2023 yang dikuti oleh 75 orang peserta. Pembinaan dalam kegiatan in sepenuhnya difasilitasi oleh DIPA BBPSDMP Kominfo Medan. Kegiatan in akan dipandu oleh para instuktur yang berpengalaman yang telah lulus sertifikasi training of trainer pada bidangnya masing-masing. Senin (05/06/2023).

Sambutan dan Arahan di awal acara Plt. Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Yusrizal, mengatakan bahwa Adopsi teknologi membutuhkan kolaborasi multi-pihak dari sektor Industri, pemerintah, serta pemangku kepentingan terkait, guna terwujudnya ekosistem digital nasional yang tangguh. 

"Dengan jumlah pengguna internet sebanyak 77,02?ri jumlah penduduk berdasarkan survey Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJIl) tahun 2022, Kemampuan masyarakat Indonesia dan kesempatan akses dalam media digital membawa pengaruh pada berbagai sektor, salah satunya sektor ekonomi digital. Senada dengan UNESCO, kemampuan literasi digital yang baik akan membantu memberantas kemiskinan melalui kemudahan akses pada pelayanan sosial digital oleh pemerintah. Terbatasya akses pendidikan dan tantangan dalam memperoleh pendidikan berkualitas bisa dibantu melalui kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan informasi digital." ucapnya.

Beliau menambahkan bahwa Dengan terselenggaranya pelatihan ini kita harapkan dapat meningkatkan kompetensi lulusan SMK dan Masyarakat yang akan berdampak dalam upaya pengurangan angka pengangguran serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi khususnya di Kabupaten Aceh Tengah.

PJ Bupati Aceh Tengah T. Mirzuan dalam sambutannya mengucapkan, terimakasih kepada Kepala BBPSDMP Kominfo Medan beserta seluruh jajarannya yang telah memprakarsai pelatihan VSGA dengan program pelatihan dan sertifikasi berbasis kompetensi nasional atau Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

"Melalui kesempatan ini kami juga berharap agar Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Medan senantiasa menjadikan Kabupaten Aceh Tengah sebagai mitra pelaksanaan kegiatan pelatihan berbasis elektronik, kami sangat mengapresiasi di tahun 2023 ini Kabupaten Aceh Tengah mendapat kuota peserta pelatihan sebesar 425 orang yang terdiri dari Digital Enterpreneurship Academy (DEA) 250 orang yang merupakan penggiat pada usaha kecil dan menengah, selanjutnya Thematic Academy (TA) berjumlah 100 orang yang merupakan tenaga pengajar/guru di Kabupaten Aceh Tengah, selanjutnya Vocational School Graduate Academy (VSGA) berjumlah 75 orang.besar harapan kami kuota ini terus meningkat dan kegiatan ini terus dilaksankan secara berkesinambungan sebagai upaya meningkatkan kualitas masyarakat menuju Aceh Tengah sejahtera." ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Aceh Tengah Khaeruddin Yoes, mengatakan bahwa Aspek sumber daya manusia yang cakap dan adaptif terhadap perkembangan teknologi digital, dapat memberikan dampak sosial ekonomi yang tepat sasaran, eksponensial, serta berkelanjutan menuju Indonesia terkoneksi, makin digital dan makin maju. Masyarakat digital yang makin cakap dan berdaya saing akan menentukan bagaimana bangsa Indonesia dapat mengoptimalisasi dan menuai manfaat dari era transformasi digital.

"Setelah Pandemi Covid-19 banyak kebiasaan baru yang merubah pola kehidupan kita terutama dalam perekonomian, kita sudah mulai biasa dengan adanya belanja online COD-COD, pembelian tiket transportasi online bahkan pola kerja salahsatunya di pemerintahan, adanya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) ini menjadi tugas kita DISKOMINFO Aceh Tengah untuk mengawasi behavior baru ini dan terus mentransformasikan yang manual ke digital" tutur Khairuddin Yoes saat menjadi Narasumber pertama di Acara Pelatihan Ini. (Fasya Harsa Cauncara, S.I.Kom)

Tags INFO PUBLIK